Sunday, December 20, 2015

Cewek Tolong Pahami Juga, Kenapa Ada Cowok Yang Pelit Sama Pacarnya. Nggk ada Salahnya Baca Lengkap


Masalah keuangan atau finansial sering dianggap menjadi salah satu kendala pada saat menjalin hubungan asmara. Hal ini tak jarang dialami oleh para wanita yang memiliki kekasih serba perhitungan atau pelit dalam segala hal.

Apabila kejadian ini tengah menimpa Anda, sebaiknya jangan terlalu gegabah dalam mengambil keputusan karena sudah tidak tahan dengan kelakukan pasangan Anda. Ada baiknya ketahui dulu penyebab-penyebab yang mungkin terjadi saat kekasih berlaku pelit dalam masalah finansial. Seperti apa?

Menurut psikolog Liza Marielly Djaprie, ada banyak faktor yang membuat seseorang dianggap pelit dalam segala hal, termasuk juga soal urusan asmara. Yang umum terjadi adalah mungkin saja si dia tidak pernah diajarkan untuk saling berbagi semenjak kecil.


Baca juga : Tips biar pacar nggk pelit

"Tidak ada pola asuh untuk berbagi. Jadi mereka tidak tahu bagaimana caranya berbagi sehingga pada saat besar sulit untuk melakukan hal itu. Dan mungkin beberapa orang menilainya sebagai pelit," papar Liza saat dihubungi Wolipop, Kamis, (10/12/2015).

Faktor lain yang membuat seseorang menjadi pelit adalah mungkin saja ia memiliki trauma masa lalu di mana dirinya pernah mengalami kesulitan ekonomi. Trauma itu terkadang masih berbekas sehingga seseorang yang pernah mengalaminya akan berpikiran bahwa jika dirinya berbagi dalam hal finansial, ia akan khawatir kalau uang yang dimilikinya saat itu akan cepat habis.

"Saya tidak berkata bahwa orang yang merasakan kesulitan ekonomi pasti pelit, tetapi setiap orang punya efek trauma yang berbeda-beda. Ada orang yang dulunya susah jadi tidak mau berbagi, tetapi ada juga orang yang memang pada dasarnya tidak mau berbagi terkait dengan uang," lanjutnya lagi.

Lantas apakah sifat pasangan yang pelit itu merupakan faktor genetik? Ibu empat anak ini mengatakan belum ada penelitian pasti yang menyebutkan bahwa pelit adalah faktor genetik sejak lahir. Menurutnya, sikap 'kelewat irit' tersebut lebih dipengaruhi oleh faktor lingkungan, pengalaman, dan pola asuh sejak kecil.

"Menurut saya sikap pelit itu adalah suatu proses pembelajaran. Dengan menjadi pelit dia belajar menjadi seorang yang bisa berbagi kepada siapapun, termasuk pasangannya sendiri," tutup Liza.

Sumber

Artikel Terkait

Cewek Tolong Pahami Juga, Kenapa Ada Cowok Yang Pelit Sama Pacarnya. Nggk ada Salahnya Baca Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email